Ternak Entog Bagi Pemula







Ternak Entok | Bagi peternak entog pemula yang ingin mengawali usaha ternak entok ini tidak perlu banyak pertimbangan untuk memulainya, asalkan sabar dan telaten maka ternak entog ini bisa dijadikan usaha yang sangat menjanjikan. Perawatan yang mudah dan tidak memerlukan pengetahuan luas untuk memulai usaha ternak entog ini maka usaha ternak entog ini sangat cocok untuk peternak pemula. Tentang berbagai masalah kandang dan pakan , sudah banyak alternatif yang bisa didapatkan  dari berbagai sumber yang mendukungnya. Salah satunya didalam blog sederhana ini akan saya bahas mengenai apa saja yang dibutuhkan dan harus dipersiapkan untuk memulai usaha ternak entog ini .



 Usaha Budidaya Ternak Entog Skala Rumah Tangga

         Unggas satu ini sudah sangat lama dan umum dijadikan sebagai hewan ternak rumahan dibeberapa daerah, malah banyak yang menjadikannya sebagai tulang punggung ekonomi rumah tangga. Produk dari ternak entog ini dalam skala rumah tangga meliputi antara lain bulu entog, telur , daging dan anak entog atau DOD entog . Para peternak entog dapat dengan mudah menjual hasil ternak entog mereka kepada pedagang unggas dilingkungannya, karena dibanyak daerah usaha ternak entog ini masih dalam skala kecil oleh sebab itu kebutuhan pasokan terhadap beberapa produk dari ternak entog masih minim. Itulah yang membuat usaha ternak entog ini selalu terjaga kontinuitas dan stabilitasnya karena cenderung mengalami kekurangan stock. Tidak ada yang salah jika anda berinisiatif untuk memulai usha ternak entog ini dihalaman belakang rumah anda, asalkan memperhatikan situasi lingkungan sekitar supaya kehidupan sosial kita tidak terganggu dengan masalah yang ditimbulkan dikemudian hari dari usaha ternak entog kita ini. Secara garis besar ada tiga aspek yang harus kita perhatikan untuk memulai usaha budidaya ternak entog ini. Pertama yang dapat kita persiapkan adalah kandang yang cukup layak buat ternak entog kita supaya dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal, sebagai gambaran untuk ukuran 1 meter persegi dapat diisi 20 DOC, 5 entog remaja dan 3 entog dewasa . Kedua kita tentukan tentang hasil apakah sebagai pokok keuntungan dari peternakan entog kita nanti, sebagai contoh perternakan kita fokus pada pengemukan jadi pakan untuk pengemukanlah yang harus kita jadikan perhatian utama. Ketiga adalah pengendalian penyakit serta pencegahannya terhadap kemungkinan wabah dikemudian hari. Paling tidak itulah yang harus kita pelajari dahulu sebelum kita dapat memulainya.


Prospek Kedepan Budidaya Ternak Entog 
       Seperti yang sudah saya tulis diatas tadi bahwa sampai sekarang masih sangat jarang sekali usaha budidaya ternak entog ini  dikembangkan dalam skala besar, maka disetiap daerah yang memerlukan produk dari ternak entog ini masih terkendala kesulitan dalam hal stock dan kontinuitasnya. Masih sangat terbuka lebar jika kita ingin mengembangkan usaha budidaya ternak entog ini kelevel yang lebih tinggi dengan sangat memperhatikan kualitas dari peternakan kita nanti, kualitas yang bagus akan sangat mendukung budidaya ternak entog kita dikemudian hari serta menjadikannya usaha yang awet dan berkelanjutan. Sebagai gambaran terhadap usaha budidaya ini adalah harga Dod, harga dari Dod entog sendiri dengan kualitas sedang adalah minimal Rp 8.000,- perekor , lebih mahal dibanding dengan harga anakan unggas yang lain. Jika ada yang bilang bahwa dod entog itu murah berarti dia tidak mengetahui pasar dari dod entog atau bermaksud mengambil keuntungan secara sepihak. Sedangkan daging dari entog sendiri dibeberapa daerah memang cenderung lebih diminati, memang soal harga tidak terlalu berbeda jauh dari harga daging unggas pada umumnya, tetapi keunggulan ternak entok ini adalah kecepatan pertumbuhannya sehingga mencapai bobot yang maksimal karena seekor entog jantan dapat mencapai 6-8kg (sumber : Wikipedia).




       Nah itulah sedikit gambaran terhadap Usaha budidaya ternak entog, sebagai pemula hendaklah kita terus belajar demi mengenal seluk beluk tetang ternak entog ini. Didalam blog ini saya mencoba mengumpulkan berbagai kasus baik itu yang telah saya alami sendiri atau saya dapat dari rekan-rekan sesama ternak baik yang pemula maupun yang sudah lama bergerak dalam dunia Budidaya Ternak Entog ini.
Baca artikel saya berikutnya ....

0 Response to "Ternak Entog Bagi Pemula"

Posting Komentar