Beternak Entok , Sang Unggas Air Yang Bernilai Ekonomis Tinggi Dengan Perawatan Mudah

Cara Beternak Entok Yang Memiliki Nilai Ekonomis Tinggi

Cara Beternak Entok Secara Tradisional Di kampaung
Cara Beternak Entok Secara Tradisional

 

Beternak Entok | Unggas air yang satu ini belakangan mulai dilirik banyak orang untuk dibudidayakan sebagai usaha sampingan, terlebih lagi bagi masyarakat di pedesaan. Faktor yang mempengaruhi banyaknya orang untuk ikut terjun beternak entoq dan membudidayakannya salah satunya adalah  karena harga entok sendiri lebih mahal dari unggas lain yang pada umumnya diternakan atau dibudidayakan oleh masyarakat kita secara tradisional.
Sebagai perbandingan saja untuk harga entok jantan dewasa yang sudah besar dan memiliki postur tubuh yang bagus dapat mencapai Rp 200rb lebih pada saat hari – hari perayaan, seperti lebaran misalnya. Dan pada hari biasa harga untuk entok jantan ini antara Rp 80rb sampai Rp 150rb, harga ini tentunya masih lebih tinggi dari harga ayam ataupun bebek jantan untuk keperluan konsumsi.
Harga yang lumayan tinggi inilah yang membuat banyak orang melirik untuk memulai beternak atau membudidayakan entok. Untuk cara ternak entok sebenarnya tidaklah berbeda jauh dengan cara beternak unggas lainnya.
Karena entok ini masih tergolong jenis unggas yang jinak, maka pemeliharaan entok dapat dilakukan di belakang rumah ataupun pekarangan yang masih kosong sehingga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan beternak entok ini.

Cara Membuat Kandang Entok Yang Sesuai Dengan SOP Peternakan

Yang perlu diperhatikan adalah pembuatan kandang untuk unggas ini yang tetap mendukung kenyamanan serta keamanannya. Kandang entok tidaklah terlalu sulit, bahkan ada peternak entok yang membuat kandangnya di dalam rumah.
 Menurut kebanyakan peternak entok yang sudah berhasil dan sukses, kandang ternak entok harus memenuhi beberapa unsur agar dapat mendukung kelangsungan usaha.
Beberapa hal yang meliputi unsure kandang yang baik antara lain :
-      Sirkulasi udara yang bagus
-      Tingkat paparan cahaya yang cukup dan merata
-      Kebersihan dan kesehatan kandang
-      Adanya area bermain untuk entok
-      Suasana disekitar kandang yang relative tenang agar tidak mudah stress
Untuk mendapatkan beberapa unsur seperti diatas, ada baik nya bagi yang mau memulai usaha ternak entok ini untuk dapat mengambil contoh dari budidaya ternak entok yang telah berjalan disekitar tempat tinggal.
 Kalaupun dilingkungan sekitar belum ada ataupun kita belum mengetahui yang telah berhasil dalam membudidayakan unggas air ini, dapat juga mendapatkan inspirasi dari beberapa gambar kandang entok di blog ini yang saya dapatkan dari berbagai sumber.

Cara Pemeliharaan Ternak Entok Dimulai Dari Anakan (DOE)

Cara Beternak Entok Dari Anakan (DOE) Menurut Pengalaman

 

Setelah persiapan kandang dapat kita kuasai atau paling tidak mendekati dengan bagus , barulah dapat mulai mempelajari tentang cara ternak entok yang baik mulai dari anakan atau istilahnya DOE.
 Biasanya pada masa awal pertumbuhan kehidupan, yaitu antara 0 sampai dengan 20 hari pertama, tingkat kematian pada entok kecil atau DOE sangatlah tinggi jika tidak ditangani dengan baik dan benar.
 Salah satunya dengan perlakuan brooder atau simulasi eraman induk buatan untuk menekan angka kematian agar didapat angka 0% mortalitas.
Pembuatan brooder untuk DOE sendiri sangatlah sederhana dan tidak seperti pembuatan brooder pada peternakan ayam maupun bebek yang membutuhkan suhu yang relative tinggi. Pada ternak entok, suhu brooder tidaklah terlalu tinggi yaitu antara angka 30 sampai 35 derajat celcius.
Untuk kandang broodernya sendiri juga sangat sederhana, cukuplah kotak persegi panjang yang alasnya tertutup untuk umur 3 atau 5 hari pertama, dan bercelah – celah untuk selanjutnya.
 Pemakaian alas dapat digunakan kawat ayam/kremun untuk bangunan ataupun susunan bambu, supaya kotoran DOE jatuh kebawah dan tidak membuat becek kandang brooder.
Perlakuan dengan kandang dan simulasi brooder ini bertujuan supaya nutrisi yang kita berikan melalui pakan bermutu tinggi dapat langsung terserap maksimal untuk pertumbuhan tanpa terbuang untuk menghangatkan badan ternak, sehingga cara inipun juga termasuk sebagai cara beternak entok agar cepat besar dan mencapai bobot yang ideal

Seorang peternak entok yang baik pastinya akan selalu memperhatikan segala hal yang mendukung dalam peternakan ini, dari mulai persiapan indukan sampai hasil yang akan diperoleh.
Menurut pengalaman banyak peternak entok yang telah berhasil dan sukses, jika DOE kita berhasil melewati masa 0 sampai 20 hari pertama tersebut dengan tingkat mortalitas nol persen maka kemungkinan kita untuk dapat panen seratus persen sangatlah besar.
Asalkan perawatan pada ternak entok tetap memperhatikan beberapa faktor seperti diatas tadi, maka kondisi entok kita akan selalu dalam keadaan bagus dan sehat.
Untuk menunjang ketahanan dan kesehatan entok dari masa DOE sampai pada menjelang dewasa, dapat diberikan multivitamin dan juga jamu atau suplemen khusus untuk ternak.
Pemberian multivitamin dan jamu ternak ini selain bertujuan menjaga kesehatan ternak, efeksamping lainnya adalah ternak akan lebih cepat gemuk dan besar jika diberikan secara teratur dan konsisten.
Pemberian bisa dilakukan secara periodik, misalnya 3 hari sekali atau 5 hari sekali. Namun khusus pada masa brooder, pemberian multivitamin harus dilakukan setiap hari supaya daya tahan ternak entok cepat terbentuk
Multivitamin untuk entok jenisnya sama dengan multivitamin yang biasa diberikan untuk unggas budidaya lainnya dalam hal ini ayam dan bebek misalnya, dan dapat dengan mudah kita beli di toko pertanian dan peternakan
Sedangkan untuk suplemen ternaknya kita dapat membuat sendiri jika bahan – bahan yang diperlukan sangat banyak tersedia disekitar kita dan murah.
Suplemen atau jamu ternak yang biasa digunakan oleh para peternak unggas adalah probiotik yang merupakan hasil dari fermentasi bahan – bahan herbal berkhasiat yang tujuannya dan manfaatnya dikhususkan untuk peternakan

Cara Membuat Sendiri Jamu Unggas Atau Probiotik Khusus Unggas Untuk Usaha Ternak Entok Yang Jauh Dari Segala Macam Penyakit Ternak

Cara Membuat Obat Atau Jamu Untuk Mendukung Usaha  Ternak Entok Kita

 


Salah satu cara membuat probiotik yang saya dapat dari peternak entok dilingkungan saya adalah sebagai berikut :
Pertama –tama kita harus sudah mempersiapkan bahan – bahannya yang terdiri dari
-      Kunyit atau Kunir  sebanyak 3 kg
-      Temuireng sebanyak 1 kg
-      Temulawak sebanyak 1 kg
-      Daun sirih dan batangnya sebanyak ½ kg
-      Probiotik stater EM4 atau ragi tape/tempe dari toko 1 botol
-      Gula merah 1 kg
-      Derigen atau tong dan alat pendukung lainnya seperti ember, parut dan saringan
Cara untuk membuat probiotik itu adalah dengan menghaluskan semua bahan herbal tadi dengan parutan dan penumbuk sampai semua bahan menjadi tercampur dengan lembut.
Ambilah sari dari semua bahan herbal yang tecampur dengan cara menyaring dengan ditambahkan air sedikit demi sedikit sampai air yang air menjadi jernih dan tidak pekat lagi, pisahkan dengan ampasnya dan jangan dibuang karena bisa digunakan untuk campuran pakan
Lalu kita rebus hasil saringan tadi dengan api sedang sampai mendidih dan dicampur dengan gula merah, setelah mendidih lalu kita dinginkan sampai benar – benar dingin
Kemudian masukan kedalam derigen tapi jangan sampai penuh , cukup dua per tiga bagian saja yang terisi. Jika air sari herbalnya masih sisa dapat digunakan pada derigen yang lain, karena menurut pengalaman hasil dari banyaknya  bahan herbal diatas dapat mencapai 30liter
Campurkan 100ml stater EM4 atau 10 butir ragi tape yang sudah dihaluskan pada tiap derigen kapasitas 15 liter, aduk –aduk sampai semua bahan merata dan tercampur dengan baik.
Setelah selesai mengaduk, langsung saja kita tutup rapat – rapat agar tidak ada udara yang masuk. Dibagian penutup dapat ditambahkan selang kecil transparan supaya udara dari dalam bisa keluar, pada ujung selang dimasukan kedalam botol yang di isi air supaya udara dari luar tidak masuk
Tiap pagi , derigen dapat diaduk atau dikocok supaya larutan tercampur merata kembali
Proses ini memakan waktu 14 sampai 21 hari , baru probiotik ini dapat digunakan sebagai penunjang kesehatan dan pertumbuhan ternak entok.
Untuk menuju ternak entok sukses, memang harus diperlukan pengetahuan yang lebih dari blog ini dan itu pasti. Namun nanti perlahan – lahan akan saya tulis lagi mengenai pengetahuan seputar budidaya entok ini, biar selalu up to date.
Satu lagi yang juga ndak kalah penting dan amatlah vital untuk kelangsungan usaha ternak adalah masalah pakan pada ternak entok, karena dari dulu jenis unggas air ini memang dikenal sangat rakus masalah pakan. Jenis pakan apapun pasti ludes tak tersisa jika sudah disajikan untuk pakan entok, namun masalah ini dapat diatasi dengan pakan fermentasi buatan sendiri dan staternya bisa digunakan dari probiotik yang kita buat tadi 
Membuat pakan fermentasi untuk ternak entok dasarnya sama dengan pakan untuk unggas lain, dan dapat diberikan pada usia 10 hari keatas dengan pertimbangan efisiensi
Untuk pakan campuran sendiri ini akan saya bahas pada artikel lainnya , karena kalau ikut saya bahas disini pasti nanti gak kebaca karena kebanyakan tulisan.







0 Response to "Beternak Entok , Sang Unggas Air Yang Bernilai Ekonomis Tinggi Dengan Perawatan Mudah"

Posting Komentar