Cara Membuat Pakan Ternak Entok Agar Dapat Bertelur Banyak - Cara Ternak Entok, Itik, Bebek, Ayam Disertai Tips Pakan Ampas Tahu
Blogger Jateng

Cara Membuat Pakan Ternak Entok Agar Dapat Bertelur Banyak

Membuat Pakan Entok Untuk Meningkatkan Produksi Telurnya


Tak dapat disangkal, salah satu penghasilan dari beternak entok ini adalah dengan menjual DOE (anakan entok umur 0 hingga 1 minggu). Yang di beberapa daerah sering kali dihargai cukup mahal dari anakan unggas lain, seperti ayam dan juga bebek. Nah, untuk itu kiranya sangat perlu dibahas tentang bagaimana cara untuk dapat meningkatkan kuantitas dari anakan entok ini agar mampu memberikan nilai tambah bagi para peternak, khususnya masyarakat pedesaan.

Untuk meningkatkan jumplah anakan entok dalam satu kali periode, tentunya kita juga harus meningkatan kuantitas dari telur - telur entok yang mampu dihasilkan oleh indukan. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi produksi telur dalam dunia unggas, termasuk entok ini tentu saja masalah pakan. Dengan pakan yang bernutrisi tinggi, tentunya untuk meningkatkan kualitas dan juga kuantitas dari ternak entok ini akan sangat mudah.

Baca juga : 

8 Tips Menolak Dan Mencegah Ular Masuk Kandang

7 Cara Sukses Beternak Ayam di Kampung Sebagai Penghasilan

Membuat Taman Sederhana Di Depan Rumah Untuk Ternak 

Terlebih lagi jika mampu kita gunakan bahan - bahan sekitar yang mudah didapat sebagai pakan alternatif, dan jangan lupa untuk menambahkan probiotik buatan sendiri untuk sebagai campuran pakan atau dalam proses membuat pakan entok fermentasi. 




Untuk cara membuat pakan ternak entok agar dapat bertelur banyak melalui proses fermentasi adalah sangat mungkin, karena peningkatan mutu nutrisi yang terkandung salah satunya adalah partikel protein dan kalsium yang lebih mudah untuk dicerna dan diserap tubuh entog. Apalagi jika bahan dasar yang akan kita buat pakan tersebut memang telah mempunyai kandungan protein serta kalsium yang tinggi, maka dapat dipastikan ternak entok kita akan dapat bertelur banyak



Salah satu resep cara membuat pakan ternak entok agar dapat bertelur banyak dengan bahan pakan berprotein tinggi lengkap dengan kalsium untuk ternak entog adalah sebagai berikut : 



-          Tepung ikan

-          Vitamix
-          Jagung giling
-          Pupuk daun (bisa diganti azolla dan tanaman yang sejenis)
-          Bekicot atau keong giling bersama dengan cangkangnya
-          Bekatul kasar atau katul jagung
-          Suplemen untuk meningkatkan produksi telur, banyak tersedia di toko unggas

Itulah beberapa bahan pakan ternak entok yang dapat diberikan untuk meningkatkan produksi telur entok, hampir mirip dengan pakan itik atau bebek. Pada dasarnya prinsipnya sama, karena memang sama – sama unggas. Untuk komposisinya sengaja tidak saya cantumkan karena dalam hal ini saya juga masih dalam tahap coba – coba merubah komposisinya untuk menghasilkan produktivitas yang maksimal tanpa mengganggu kesehatan ternak entok indukan. 


Mungkin anda pernah melihat atau mendengar ada trik khusus bahwa itik atau bebek ataupun binatang unggas lainnya yang diternak untuk diambil telurnya dapat bertelur lebih banyak dalam satu periode, misalnya bertelur dua kali sehari atau waktu bertelur lebih lama sebelum mengeram.

Hal tersebut memang sangat mungkin, tapi sangat jelas efek yang ditimbulkan akan berdampak negatif bagi kondisi kesehatan ternak entok atau unggas kita. Bahkan dapat memperpendek umur dan rentan terhadap penyakit karena untuk memproduksi telur secara sempurna idealnya dibutuhkan waktu 24jam perbutirnya (berdasarkan studi ilmiah).
         

12 komentar untuk "Cara Membuat Pakan Ternak Entok Agar Dapat Bertelur Banyak "

  1. iya gan , dicoba saja. saya sudah membuktikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau bertanya gan..
      Indukan entog itu mulai mengerami telurnya kapan ya?

      Hapus
    2. Sudah 5 blum di erami dan saya periksa masih pada blum ada serat2 nya telurny

      Hapus
  2. Mas bro mau tnya gmna cara nya agar indukan sama jantan nya bisa cepet indehoy... Soal nya saya mau coba ternak

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya yang diperhatikan komposisi indukan jantan dan betina, 1:10, usahakan yang jantan sudah berumur 1 th-an. Biasanya saya berikan vitamin macam vitachick dicampur kunir, seminggu sekali di air minumnya. klo ini, hasil bisa berbeda-beda sih ... semoga membantu

      Hapus
  3. Boleh minta kontak wa nya... Sy mau belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf , saya juga masih belajar kok. Klo ingin ternak entok, dicoba dulu aja mas dengan populasi sedikit 10-20 ekor. terus dipelajari permasalahan yg timbul. Karena biasanya praktek tidak semudah kita baca teori-nya

      Hapus
  4. Indukan bertelur kok tidak ngeram itu knp

    BalasHapus
  5. Cara Mengobati Sayap Ayam Yang Bengkak tidaklah terlalu sulit, namun butuh kesiplinan dalam mengatasinya. Sebab, bila kita secara disiplin mengobatinya maka sayap ayam peliharaan yang bengkak dapat pulih kembali dengan cepat.

    Waktu yang dibutuhkan untuk memulihkan kembali sayap ayam yang bengkak paling cepat biasanya memakan waktu 1 minggu. Namun kembali lagi pada kondisi sayap ayam kita, bengkaknya parah atau tidak.

    Simak Cara Mengobati Sayap Ayam Yang Bengkak Selengkapnya Klik Link dibawah:
    https://pemainayam.vip/cara-mengobati-sayap-ayam-yang-bengkak/

    BalasHapus
  6. Jarak telur pertama dengan telur ke 2 kira2 berapa hari yah?

    BalasHapus