7 Cara Sukses Beternak Ayam di Kampung Sebagai Penghasilan - Cara Ternak Entok, Itik, Bebek, Ayam Disertai Tips Pakan Ampas Tahu
Blogger Jateng

7 Cara Sukses Beternak Ayam di Kampung Sebagai Penghasilan


Beternak Ayam Kampung Sebagai Sumber Penghasilan

Cara sukses dalam beternak ayam kampung agar cepat besar, sebenarnya dapat dengan mudah kita pelajari dengan bantuan berbagai media. Ataupun dengan ternak ayam petelur skala kecil, dengan adanya media online ini menjadikan kita semakin mudah untuk mempelajarinya.

Cara Sukses Beternak Ayam di Kampung Sebagai Penghasilan

Seperti juga dengan cara beternak ayam jago kampung yang dilakukan secara rumahan, sudah sangat lama dikenal oleh masyarakat Indonesia, terutama dipedesaan. Jika dulu ayam jago dikampung masih sangat jarang untuk diternakan sebagai ternak pedaging, karena memang lebih sering digunakan untuk keperluan upacara tradisional, yaitu diadu. 

 

Dulu banyak orang senang mempelajari cara beternak ayam bangkok, karena mempunyai fisik yang tangguh sebagai ayam petarung. Karena sekarang ini praktek pertandingan ayam jago telah dilarang dibanyak tempat, maka ayam jago dikampung juga diternak untuk dipotong.  Apalagi sekarang juga semakin banyak dikembangkan jenis ayam kampung, yang memang dikhususkan sebagai ayam potong, yaitu ayam jawa super (Joper)

Seperti halnya ternak entok yang selama ini saya jalankan, ternyata cara beternak ayam tradisional dikampung juga sangat menggiurkan untuk ditelateni. Harga ayam kampung ditingkat pedagang desa juga semakin naik setiap harinya, mungkin karena semakin banyaknya peternak ayam potong yang notabene harganya murah. dari segi rasa, daging ayam kampung memang jauh lebih gurih dan enak jika dibanding dengan daging ayam potong.

Memang sekilas untuk cara beternak ayam kampung agar cepat besar sekarang ini relatif lebih mudah, apalagi juga didukung dengan pengembangan ayam joper tadi. Dengan teknologi peternakan ayam sudah semakin sangat maju, banyak sekali obat - obatan dan juga pakan ternak ayam berkualitas tinggi yang dapat kita gunakan untuk memacu pertumbuhan ayam kampung kita agar dapat cepat besar.

Namun sama halnya dengan ayam potong, tanpa manajemen yang baik cara beternak semacam itu juga akan membuat daging ayam kampung kita tidak lagi gurih. Rasa sedapnya akan berkurang sangat drastis, sehingga saat dimasak nanti membutuhkan lebih banyak bumbu agar rasa gurihnya keluar

Sama dengan cara beternak atau membudidaya bebek dan entok yang sama - sama unggas kampung, caranya juga tidak begitu sulit. Berikut ini adalah 7 cara sukses memulai ternak ayam dikampung sebagai penghasilan, baik itu ayam jago jawa, bangkok, Joper ataupun jenis ayam kampung yang lainnya

  1. Pemilihan bibit yang berkualitas unggul

Pemilihan bibit yang berkualitas unggul, tentu saja sangat berpengaruh pada cara beternak ayam dikampung yang menguntungkan. Hal ini juga berlaku untuk semua jenis ayam yang biasanya diternak secara rumahan (ras, buras, bangkok, jago kampung, joper, pelung dan jenis ayam lainnya). Untuk mulai ternak, janganlah mencari pada jenis ayam yang unggul, namun pada bibit ayam yang mudah ditemukan dikampung dulu dengan kualitas unggul.

Cara Sukses Beternak Ayam Kampung Sebagai Penghasilan

Kita juga dapat membuat sendiri jenis ayam kampung baru, dengan sistem kawin silang untuk mendapatkan bibit ayam unggul. Namun untuk pemula sebaiknya hal ini jangan dilakukan terlebih dahulu, perlu pengalaman yang banyak untuk mendapatkan ayam jenis baru yang unggul. Tak ada salahnya kita belajar pemilihan bibit pada peternak ayam lain

2.            Pemeliharaan DOC yang baik dan sehat 

 

Pemeliharaan DOC (day Old Chick), yaitu anakan ayam usia 0 - 14 hari diperlukan pemeliharaan yang sangat teliti. Karena pada usia ini kondisi anakan ayam akan sangat rentan, sebisa mungkin semua DOC atau anakan ayam yang akan diternak dapat hidup melewati 14 hari pertama. Hal ini akan memperkecil kerugian kita dalam beternak ayam kampung, Untuk DOC sendiri, terdapat fase - fase berkembang yang sangat penting agar ternak ayam kita dapat tumbuh maksimal dengan cepat.

3.            Kandang dan lingkungan yang bersih dan bebas penyakit

 

Tempat untuk beternak atau kandang dalam pemeliharaan ternak ayam kampung juga sangat penting untuk diperhatikan. Langkah sterilisasi dari berbagai bibit yang mungkin timbul juga sepatutnya dilakukan. Bahkan oleh para peternak ayam kampung yang telah berpengalaman, hal ini rutin dilakukan disetiap periode panen. Contohnya, dilakukan penyemprotan kandang secara menyeluruh menggunakan Antisep. Selain obat ini mudah didapat, juga sangat efektif untuk meminimalkan pertumbuhan bibit penyakit.   

4.            Kualitas pakan yang bagus

 

Kualitas pakan disini, jangan kita disamakan dengan pandangan menggunakan pakan pabrik dalam beternak ayam kampung. Karena sebenarnya hal tersebut tidak berhubungan, penggunaan pakan pabrik 100 % akan menyebabkan kerugian yang besar. Secara menyeluruh disemua periode pertumbuhan, memang sebaiknya ada manajemen pakan. Kondisi ayam juga harus selalu diperhatikan, karena dalam usaha budidaya atau peternakan, pakan menempati urutan teratas dalam hal modal. 

 Banyak peternak ayam kampung yang telah berpengalaman, merekomendasikan 15% hingga 20% penggunaan pakan pabrik, yaitu diberikan pada periode awal saja (DOC). Agar dapat memperoleh keuntungan yang maksimal, kita harus dapat menghitung sendiri kandungan nutrisi pakan dari berbagai bahan pakan alternatif  yang akan kita gunakan

5.            Menjaga kesehatan ternak dan pengendalian penyakit

 

Stamina serta kesehatan selama periode pemeliharaan haruslah selalu diperhatikan, karena hal tersebut juga merupakan salah satu unsur kesuksesan cara beternak ayam kampung. Pemberian vitamin ayam, seperti vitachick dan lain - lain juga harus sesuai dengan anjuran. begitupula dengan obat - obatan kimiawi yang mungkin digunakan selama beternak ayam kampung.
Cara Beternak Ayam Kampung Sebagai Penghasilan

Namun dikalangan peternak ayam kampung tradisional, yang jauh dari toko - toko peternakan macam dikota. Lebih senang menggunakan jamu atau ramuan - ramuan dari berbagai tanaman obat yang juga banyak tersedia disekitarnya. Tanaman macam empon - empon jawa, juga banyak manfaatnya untuk menjaga stamina serta kesehatan ternak ayam. Apalagi sekarang sudah ada teknologi fermentasi, untuk meningkatkan kandungan nutrisi serta khasiatnya. Dipasaran sendiri juga telah banyak dijual suplemen dari hasil fermentasi ini, dengan harga yang bervariatif.     

6.            Pemberian suplemen dan vitamin 

 

Seperti yang telah dibahas tadi, pemberian suplemen dan vitamin untuk ternak ayam sangat dibutuhkan. Apalagi jika suplemen dan vitamin yang diberikan, kemudian juga didukung dengan pemberian jamu ternak hasil fermentasi. Masalah - masalah klasik dalam peternakan, antara lain masalah bau lingkungan disekitar kandang dapat diminimalkan (bahkan hilang), wabah penyakit juga dapat dihilangkan, serta konsumsi pakan yang tidak berlebihan. Tentunya hal ini secara otomatis dapat meningkatkan keuntungan peternak ayam kampung, serta mengatasi berbagai masalah peternakan yang selama ini dianggap meresahkan.

7.            Manajemen modal peternakan ayam kampung

  

Semua peternak, baik untuk ayam kampung, entog, bebek, ikan atau jenis hewan yang lain. Pada dasarnya mempunyai tujuan sebagai sumber penghasilan, sehingga pasti kita membutuhkan manajemen modal yang baik. Selama beternak, kita sebaiknya mencatat semua permasalahan, solusi, obat yang diberikan kala ternak ayam kita sakit, biaya pengeluaran dan juga pendapatan pada akhir setiap periode. Dan bukan sekali atau dua kali saja, namun secara terus menerus disetiap periode

1 komentar untuk "7 Cara Sukses Beternak Ayam di Kampung Sebagai Penghasilan"