8 Tips Menolak Dan Mencegah Ular Masuk Kandang - Cara Ternak Entok, Itik, Bebek, Ayam Disertai Tips Pakan Ampas Tahu
Blogger Jateng

8 Tips Menolak Dan Mencegah Ular Masuk Kandang

Ular masuk kandang yang biasanya ular liar sering kali menjadi kutukan bagi para peternak entok dan unggas lain. Diarea kandang, mereka bisa mendapatkan makanan yang mudah. Misalnya telur, anak entok/ayam.bebek kecil atau terkadang tikus yang menarik mereka masuk ke kandang.

Mencegah Ular Masuk Kandang


Bahkan ular yang tidak berbisa sekalipun, dapat menjadi ancaman yang nyata bagi ternak kita (entok, ayam, bebek dll). Ular bisa masuk melalui celah terkecil atau ruang sempit, dan oleh karena itu sangat sulit untuk menghindarinya. 

Baru-baru ini saya berfikir untuk mulai membuat pertahanan kandang terhadap ular, agar dapat menekan angka kematian ternak yang disebabkan oleh hewan melata ini. 

Beberapa hal yang menyebabkan ular masuk, dan bersembunyi dalam kandang unggas :

- Suhu yang lebih hangat dan nyaman
- Makanan yang melimpah didalam kandang 
- Suasana cahaya kandang yang temaram dan lembab
- Mengejar mangsa alami, seperti tikus dan hewan kecil lainnya
- Dan banyak lagi sebab - sebab lainnya

Terkadang, setiap hari kita mengecek kandang menggunakan tongkat kayu atau lainnya. Hal ini memang cukup efektif untuk mencegah masalah ular didalam kandang, namun terkadang kita lengah dan sengaja tidak memerika kondisi kandang suatu hari.


Langkah - Langkah Mencegah dan Mengatasi Ular Masuk Dalam Kandang   

Mencegah Ular Masuk Kandang

Masalah ular yang masuk dalam kandang perlu ditangani secepatnya, dan berikut ini adalah beberapa upaya untuk mencegah dan mengatasi ular masuk dalam kandang 

1. Jagalah kandang kita bebas dari tikus, keberadaan tikus dalam atau disekitar lingkungan kandang, dapat menjadi penarik bagi ular liar dari luar untuk masuk. Karena secara naruli, ular akan mengejar dan menangkap tikus sebagai makanan alaminya. Kumpulkan dan bersihkan makanan ternak yang tersisa dilantai kandang, agar tidak menarik tikus untuk ikut makan bersama hewan ternak kita
 

2. Buatlah rumah sarang tempat entok atau unggas lainnya bertelur dengan rapat, namun tetap mempunyai sirkulasi udara yang bagus. Gunakan kawat ram atau yang berkisi - kisi keci, yang dapat mencegah ular dapat masuk dan bersembunyi dalam kandang saat tanpa pengawasan.


Mencegah Ular Masuk Kandang
Tanaman Penolak Ular Masuk Kandang


Mencegah Ular Masuk Kandang
Tanaman Penolak Ular Masuk Kandang

3. Pangkas rumput-rumput tinggi dan singkirkan batang-batang kayu yang mungkin ada disekitar kandang, karena biasanya tempat - tempat ini digunakan untuk ular bisa bersembunyi.


4. Periksa selalu kotak-kotak bersarang dan lantai kandang / rumah, sebelum kita mengunci saat sore hari. Biasanya waktu malam ular mulai keluar sarang.

5. Taburkan serbuk belerang di sekeliling rumah dan kandang, terutama disekitar area masuk seperti pintu dan sela - sela kecil. Ular sangat tidak menyukai bau belerang, sehingga mampu mengusir mereka jauh.

6. Bisa juga dengan menyemprot jus bawang putih, kayu manis dan / atau minyak cengkeh di sekitar kandang Anda.


7. Tanam tanaman pengusir ular, sejenis Apsintus dan Tulbaghia violacea (seperti kenikir, bawang putih hias dan lainya). Tanaman tersebut dapat meminimalisir ular masuk dalam kandang entok atau unggas anda.

8. Buatlah lingkaran dengan selang karet tua, tali tebal atau garis timah di sekeliling kandang. Karena menurut salah satu film John Wayne, ular tidak akan melintasinya.

Catatan: Kapur Barus atau Kamper juga sering kali direkomendasikan sebagai penolak ular. Tetapi karena beracun, saya sangat TIDAK menyarankan penggunaan kapur barus atau kamper untuk mencegah ular masuk kandang. Salah - salah malah bisa dimakan oleh hewan ternak kita.

Itulah beberapa tips cara untuk mencegah ular dapat masuk kedalam kandang entok dan unggas kita. Selamat mencoba ...

Posting Komentar untuk "8 Tips Menolak Dan Mencegah Ular Masuk Kandang"