Cara Perawatan DOD Untuk Budidaya Ternak Entog, Langkah Awal Kesuksesan - Cara Ternak Entok, Itik, Bebek, Ayam Disertai Tips Pakan Ampas Tahu
Blogger Jateng

Cara Perawatan DOD Untuk Budidaya Ternak Entog, Langkah Awal Kesuksesan

Kesuksesan atau keberhasilan dalam usaha budidaya ternak entog ini sangat ditentukan pada masa awal pemeliharaan, yaitu pada usia awal 0 hari sampai 14/20 hari. Pada masa inilah tingkat kematian pada dod entog sangat tinggi , untuk itu perlu beberapa trik yang harus diperhatikan sebagai peternak entog pemula untuk dapat mencapai hasil yang maksimal.
Ternak Entog

Tips Perawatan Awal DOD Entog Usia 0 s/d 2minggu

Tingginya angka kematian DOD pada masa awal pemeliharaan sebenarnya dapat diatasi dengan sedikit trik , namun pertama kali kita harus paham dahulu mengenai sebab kenapa pada usia awal yang banyak mengalami kematian.

 Adapun hal- hal penyebab tingginya angka kematian DOD entog dapat saya simpulkan seperti berikut ini
  1. Kekebalan tubuh dod atau anak entog yang belum terbentuk secara sempurna , maka sangat mudah terserang penyakit.
  2. Disaat kita pisahkan dengan induknya dod tidak mendapatkan suhu yang pas untuk menghangatkan tubuhnya sehingga kedinginan dan mati.
  3. Sering menumpuk antar dod yang mengakibatkan dod yang lemah akan mati terinjak oleh dod yang lain.
  4. Ukuran kandang yang kurang sesuai dengan kapasitas jumplah dod yang ingin dibudidayakan
  5. Kurangnya pengetahuan peternak terhadap penanganan dod yang baik sehingga terkesan asal-asalan
Dengan melihat beberapa faktor diatas maka para peternak entog harus menguasai paling tidak dasar perawatan budidaya ternak entog yang baik. Memang dod entog yang masih sangat muda kekebalan tubuhnya belum bisa menangkal serangan berbagai macam penyakit, namun kita dapat memberikan berbagai macam bentuk vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk memperkuat daya tahan tubuhnya, kalau perlu dapat juga diberikan vaksin sebagai langkah awal pencegahan.
ternak Entog

Langkah awal ini sangatlah penting karena biasanya jika satu dod entog jika sudah terserang penyakit maka kemungkinan menyebarnya ke dod entog yang lain sangalah cepat, inilah yang harus kita waspadai . Untuk mengatasi segala permasalahan itu , paling bagus saya menganjurkan untuk dod entog dibuatkan box brooding khusus sebagai induk buatan dan memudahkan pengawasan kita. Dengan diberikan 1 bola lampu pijar 5 watt permeter persegi untuk menjaga suhu didalam box tetap hangat dan jangan terlalu panas.

Berilah Pakan Berkualitas dengan Di Ikutri Pemberian Vitamin Ataupun Jamu Probiotik

Untuk makanan dod entog awal yang bagus adalah makanan buatan pabrik yang biasa diberikan untuk pengemukan ayam boiler dan diberikan dengan cara adlibitum ( begitu habis langsung disisi kembali ), pemberian pakan ini dimaksudkan untuk memacu pertumbuhan dan kekebalan tubuh menjadi lebih cepat. Dan jangan lupa tambahakan vitamin dan mineral yang dapat dibeli ditoko peternakan terdekat, atau yang sedang dicoba populerkan oleh para peternak swadaya yang sudah besar dan sukses adalah sistem peternakan organik dengan memberikan ramuan jamu dan probiotik sebagai salah satu cara memacu pertumbuhan ternak mereka. Dipasaran sekarang ini sudah sangat banyak jenis probiotik yang dijual,

1 komentar untuk "Cara Perawatan DOD Untuk Budidaya Ternak Entog, Langkah Awal Kesuksesan "