Teknik Menghemat Pakan Unggas Dengan Manggot Lalat BSF - Cara Ternak Entok, Itik, Bebek, Ayam Disertai Tips Pakan Ampas Tahu
Blogger Jateng

Teknik Menghemat Pakan Unggas Dengan Manggot Lalat BSF

Lalat BSF atau Black Soldier Fly merupakan salah satu jenis serangga dari keluarga lalat, namun ternyata lalat BSF ini sangatlah bermanfaat bagi para peternak unggas seperti entok, bebek atau ayam. 


Menghemat Pakan Unggas Dengan Manggot Lalat BSF
Terutama dalam hal untuk menghemat pakan ternak unggas, manggot lalat BSF dapat digunakan sebagai bahan pakan protein. Manggot BSF dapat menjadi sumber pakan protein yang tiada habisnya, asalkan budidayanya disesuaikan dengan jumplah ternak unggas dan diberi makan setiap hari. 

Khusus untuk ternak entok, kita memerlukan manggot lalat BSF ini lebih banyak. Karena memang porsi pakan entok yang lebih banyak dari kedua unggas yang saya sebutkan diatas tadi.  

Penggunaan manggot lalat BSF ini sangatlah aman dan tidak meracuni ternak unggas kita, dan untuk digunakan sebagai capuran pakan, dianjurkan sebanyak 10% hingga 30% saja. Namun jika ingin berkreasi, dapat diberikan sesuai keinginan peternak.

Lalu Bagaimanakah Cara Menghemat Pakan Unggas Dengan Manggot Lalat BSF Ini?

Untuk menghemat pakan dengan manggot lalat BSF ini, yaitu kita gunakan sebagai campuran pakan ternak untuk memenuhi asupan protein, sebagai pengganti konsentrat pabrik.  

Kita dapat membudidayakan manggot BSF sendiri dan memanennya secara berkala, sebagai sumber protein hewan yang tidak ada habisnya. 
Siklus Hidup Lalat BSF

Bibit larva atau manggot BSF ini berupa telur, dapat kita beli untuk kita mulai budidayakan. Atau bisa juga kita datangkan sendiri, terserah anda mau memilih yang mana. 

Harga bibit BSF ini bervariasi untuk setiap daerah, namun biasanya antara 5ribu hingga 20ribu pergram.
Sedangkan jika anda memilih untuk medatangkan sendiri, yang dibutuhkan hanyalah kesabaran. Membeli bibit manggot BSF hanya diperlukan jika disekitar lingkungan kita tidak ditemui jenis lalat ini 

Cara membudidayakan manggot BSF ini sangatlah mudah, karena yang dibutuhkan hanyalah pakan fermentasi organik saja sebagai pakannya hingga siap dipanen. Berikut sedikit tips langkah-langkah mendatangkan lalat BSF dan memanfaatkannya untuk sumber pakan ternak berprotein tinggi:

1.      Buatlah fermentasi kering menggunakan dedak dicampur dengan probiotik (bisa EM4 atau yang lainnya) sebanyak 5 - 7 kg. Jangan lupa, tambahkan bumbu kaldu ayam atau sapi yang banyak tersedia diwarung agar aroma fermentasi dedak nanti lebih tajam. 

2.      Setelah diperam selama kurang lebih seminggu dalam wadah tertutup rapat, keluarkan dari wadahnya. Pastikan Fermentasi tersebut berhasil dengan ditandai bau tape, tidak apek dan tidak lembek.
3.      Tempatkan dedak fermentasi tersebut dalam wadah diruangan terbuka, dengan ditutupi daun pisang atau kertas koran. Jangan ditutup rapat, dan sisakan sedikit ruang terbuka agar aroma pakan fermentasi ini keluar untuk mengundang lalat BSF datang untuk bertelur

4.      Biasanya, jika memang dalam lingkungan kita terdapat lalat BSF, mereka akan datang untuk bertelur hingga maksimal 4 hari sejak kita pasang media dedak tersebut.

5.      Telur-telur lalat BSF ini akan menempel pada dinding-dinding wadah, atau tempat –tempat didekat media dedak. Biarkan terlur lalat BSF ini hingga menetas, dan menjadi manggot. Seekor lalat BSF ini dapat menghasilkan 300 hingga 800 butir telur yang siap menjadi larva atau manggot 2 hingga 3 hari kedepan.

6.      Setelah menjadi larva atau manggot, dapat langsung diberikan sebagai pakan ternak unggas saat berusia sekitar 2 minggu. Sisakan beberapa larva untuk kembali menjadi lalat BSF dan bertelur dalam media fermentasi yang telah dipersiapkan. 

7.      Tentang banyaknya pemberian pakan dengan campuran manggot BSF ini dapat kita variasikan sendiri, dikarenakan setiap peternakan mempunyai kondisi lingkungan yang berbeda. Yang paling penting dapat mencapat bobot ideal dengan cepat ( jika tujuannya untuk ternak pedaging).    

 
Manggot BSF
Silahkan mencoba, kurang lebihnya dapat kita lengkapi sendiri selama praktek teknik menghemat pakan unggas dengan manggot lalat BSF ini.

Posting Komentar untuk "Teknik Menghemat Pakan Unggas Dengan Manggot Lalat BSF"