Pakan Entok Murah Fermentasi Ampas Tahu, Bisakah Cepat Besar dan Bertelur? - Cara Ternak Entok, Itik, Bebek, Ayam Disertai Tips Pakan Ampas Tahu
Blogger Jateng

Pakan Entok Murah Fermentasi Ampas Tahu, Bisakah Cepat Besar dan Bertelur?


Fermentasi Ampas Tahu Dijadikan Pakan Tunggal ?

 
Ampas Tahu
Pembuatan Tahu akan menghasilkan ampas tahu yang masih layak untuk dijadikan pakan ternak

 Seperti yang telah ditulis dalam artikel sebelumnya, pemberian pakan entok murah dari fermentasi ampas tahu adalah salah satu alternative terbaik. Hal tersebut perlu dilakukan oleh peternak entok dalam menghemat pengeluaran pakan ternak entok, agar mendapatkan keuntungan yang cukup lumayan.
Namun sebelum membahas kembali pemberian fermentasi ampas tahu untuk pakan entok, perlu diketahui ampas tahu tidak dapat dijadikan pakan tunggal. Artinya kita tidak dapat memberikan pakan berupa fermentasi ampas tahu saja, untuk hasil maksimal memang harus dicampur dengan bahan pakan ternak murah lainnya. 


 Ampas Tаhu dan Manfaatnya Sebagai Pаkаn Ternak Berkualitas

Pemberian Ampas Tahu Untuk Pakan Entok Dan Unggas Lain





Memang ternak entok kita dapat bertahan hidup dengan hanya memakan satu jenis makanan saja, namun hasilnya bisa dipastikan kurang memuaskan atau tidak maksimal. Dan bukan hanya ternak entok saja, mengkombinasikan bahan pakan ternak murah untuk hasil maksimal juga berlaku untuk budidaya atau ternak lainnya (baik unggas seperti bebek dan ayam atau hewan besar seperti sapi dan kambing )

Ternak Entok Pakan Ampas Tahu
Ternak Entok


Ternak Bebek
Ternak Ayam Kampung

Kita dapat mencari bahan pakan ternak murah bernutrisi baik selain ampas tahu disekitar kita, contohnya bungkil kacang, kedelai BS, katul jagung, ampas bir dan masih banyak lagi. Atau kita juga dapat membuat sendiri sumber bahan pakan protein berkualitas istimewa, seperti larva lalat BSF yang bisa kita kultur atau ternak sendiri dirumah. Informasi tentang larva lalat BSF dapat kita baca dihalaman ini : Teknik Menghemat Pakan Unggas Dengan Manggot Lalat BSF



Saatnya kembali kedalam judul kita diawal tadi, bisakah entok atau unggas kita dapat cepat besar dan bertelur dengan pemberian fermentasi ampas tahu? Jawabnya tentu saja bisa, namun harus dicampur atau kombinasikan dengan bahan pakan lain seperti yang telah disampaikan tadi. Jika dijadikan makanan tunggal, hasilnya kurang maksimal.

Bahan Pakan Protein Tinggi Murah Untuk Campuran Pakan Fermentasi Ampas Tahu 


 Untuk membuat pakan entok agar cepat besar dan bertelur diperlukan pakan ternak yang memiliki kandungan protein nabati atau hewani tinggi. Karena entok merupakan unggas, sudah cukup dengan kandungan protein hewani saja. Sebagai contoh alternative sumber protein hewani yang murah adalah dengan mencampur larva lalat BSF, atau usus ayam (bisa kita dapatkan ditempat pemotongan ayam) 

Untuk mendapatkan larva lalat BSF ini, kita memang dapat membelinya. Namun karena tujuan kita adalah mendapatkan bahan pakan ternak entok / unggas murah, ternak lalat BSF adalah solusinya. Berarti ternak untuk pakan ternak ya? Kenapa tidak! Larva lalat BSF relative mudah diternak dan sebagian besar limbah organic dapat digunakan untuk pakan larva tersebut.

Lalat BSF Campuran Ampas Tahu
Ternak Larva Lalat BSF
Kemudian tentang usus ayam, memang kita hanya bisa mendapatkannya dengan membelinya dari tempat pemotongan ayam. Namun biasanya harganya sangat murah, seperti disini harganya tidak lebih dari 3000 perak/kg. Tentunya harga segitu cukup ekonomis untuk bahan campuran pakan ternak, yang memiliki kadar protein tinggi. Untuk pemberian usus ini sebagai pakan unggas, tentunya kita harus berhati-hati karena bisa jadi terdapat bibit penyakit didalamnya. Untuk meminimalisir resiko tersebut, kita dapat membersihkan dan merebusnya terlebih dahulu untuk sterilisasi.

Usus Ayam Campuran Ampas Tahu
Limbah Usus Ayam

Ikan sortiran yang sering kali dibuang di TPI juga merupakan sumber pakan berprotein yang bagus, sehingga dapat kita manfaatkan sebagai campuran pakan entok. Tentunya ikan - ikan tersebut harus kita olah terlebih dahulu, namun biasanya banyak juga yang sudah menjadikannya sebagai tepung atau minyak ikan dengan harga murah.
 
Ikan Campuran Ampas Tahu
Ikan Sortiran
Takaran bahan pakan yang ada dapat kita hitung sendiri, untuk mendapatkan kombinasi yang pas dan sesuai dengan bahan pakan ternak murah lainnya. Diharapkan dengan kombinasi yang sesuai, pakan entok murah fermentasiampas tahu dapat membuat entok kita cepat besar dan cepat bertelur. Dengan pakan murah bernutrisi baik, peternak entok, bebek atau ayam akan mendapat keuntungan lebih. Dengan keuntungan tersebut, tentu saja kita tidak lantas berhenti untuk berinovasi. 

Ternak Entok Bertelur
 Untuk saat ini, ampas tahu masih tergolong bahan pakan ternak alternative berkualitas yang murah. Jadi jangan ragu untuk berpindah dengan bahan pakan ternak berkualitas lain yang lebih terjangkau jika ada dan memungkinkan. Selamat berinovasi!   
       
      

1 komentar untuk "Pakan Entok Murah Fermentasi Ampas Tahu, Bisakah Cepat Besar dan Bertelur?"